Diberdayakan oleh Blogger.

Visitors

free counters
Minggu, 26 Agustus 2012
Selain untuk menyimpan cache hasil browsing maupun download ubuntu server dapat juga sekaligus di jadikan sebagai webserver. Jadi Nanti fungsinya 2 yaitu ubuntu server untuk proxy dan webserver. Tahap instalasinya cukup mudah. Tahap awal seperti biasa install Os ubuntu server 10.10 dan paketnya lihat Install dan setting ubuntu server 10 tahap 1 dan Setting Ubuntu server tahap2 dan jangan lupa install webmin.

Ok... Saya anggap tahap awal di atas sudah selesai dan proxy sdh berjalan dengan baik di mikrotik. Kemudian tahap selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka putty dan install beberapa paket ini:

# apt-get install apache2
# apt-get install php5
# apt-get install mysql-server
   Nanti masukkan password untuk mysql misalnya 12345
# apt-get install php5-mysql
# apt-get install libapache2-mod-auth-mysql
# apt-get install phpmyadmin 

Setelah selesai install paket di atas selanjutnya buka mozilla ketikkan http://ip_ubuntu/phpmyadmin. Masukkan user root dan password yang anda buat tadi kemudian buatlah database. Cara membuat database lihat cara membuat website menggunakan cms joomla. 

Langkah Berikutnya upload joomla di ubuntu server
Buka dan remote ubuntu menggunakan  Winscp. Hapus file index.html yang berada di /var/www dan Buatlah folder baru di folder /var/www misalnya websiteku. Extract modul joomla di komputer anda dan hasil extactnya anda copy satu-satu dengan cara drag/seret di folder   /var/www/websiteku.

Kemudian buka putty untuk memberikan permission to /var/www/websiteku caranya copy file di bawah ini di putty dan enter

# chmod -R g+rw /var/www/websiteku
 
Terakhir buka mozilla kemudian ketik alamat http://ip_ubuntu/websiteku dan selanjutnya tahap instalasi joomla seperti cara membuat website menggunakan cms joomla. di localhost.

Bagaimana caranya supaya webserver bisa di akses dari luar jaringan...? pingin tahu..? Ikuti artikel selanjutnya.....!cara setting webserver supaya bisa di akses dari luar jaringan

0 komentar:

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua

About Me

Foto Saya
45computer
Aktivitas sehari-hari sebagai tukang service elektronik dan komputer
Lihat profil lengkapku

Live Traffic Feed